Sabtu, 17 Oktober 2020

Penerapan Fitur Sumber Belajar dalam Model Pembelajaran Number Head Together

Posted by Dwi Ermayanti on 23.40 with 12 comments

 Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 

Halo Sahabat Rumah Belajar,
Apa sih inovasi yang kamu lakukan menghadapi pandemi saat ini? Pastinya hal yang keren ya . . .

    Tahukah sahabat, bahwasanya daerah tempat saya mengajar merupakan daerah yang tergolong aman dari virus covid-19 ini, namun tidak menutup kemungkinan juga bahwasanya daerah kami mungkin akan berdanmpak kedepannya, untuk itu kami tetap melakukan protokol kesehatan sesuai dengan perintah yang dikeluarkan oleh pemerintah. Sekolah tetap berlangsung seperti biasanya, namun dilakukan sistem shift yang dalam hal ini sekolah berselang. Satu kelas di bagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok A dan kelompok B dengan jumlah 15 siswa per kelompoknya. Sistem ini berjalan dengan hari ini masuk kelompok A, dan kelompok B pada esok harinya. Saya sebagai seorang guru matematika harus pandai dalam melakukan inovasi agar seluruh siswa saya tetap mendapat pembelajaran semaksimal mungkin. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan Portal Rumah belajar. 

   Portal rumah belajar merupakan portal yang dibuat oleh pemerintah untuk dapat digunakan oleh siswa, guru, dan orang tua. Portal ini berisikan 4 fitur utama yaitu sumber belajar, kelas maya, bank soal, dan laboratorium maya. Tak hanya fitur utama, namun juga tersedia fitur pendukung, yaitu peta budaya, buku sekolah elektronik, wahana jelajah angkasa, karya bahasa dan sastra pengembangan keprofesian berkelanjutan dan edugame. Pada pembelajaran yang saya lakukan dikelas adalah menggunakan fitur sumber belajar.

    Pembelajaran matematika dengan materi relasi mengunakan fitur sumber belajar saya padukan dengan model pembelajaran NHT (Number Head Together). Model pembelajaran NHT diartikan sebagai sebuah model pembelajaran yang mengutamakan adanya aktivitas para siswa dalam mencari dan mengolah serta melaporkan informasi yang diperoleh dari berbagai macam sumber yang pada akhirnya siswa mempresentasikannya di depan kelas. Berikut adalah langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang saya lakukan dengan sintaks model pembelajaran NHT:

1. Penomoran 

    Saya sebagai guru menjelaskan kepada siswa terlebih dahulu tentang portal rumah belajar, kemudian langkah selanjutnya adalah dengan membentuk kelompok siswa yang terdiri atas tim ungu, biru, dan hijau yang kemudian masing masing siswa dalam kelompoknya mendapatkan nomornya masing-masing. 

Gambar 1. Penomoran siswa

2. Fasilitas 

   Tahap fasilitas yang di maksud dalam kegiatan ini adalah pemberian LKS yang akan di jawab oleh para siswa dalam kelompoknya dengan penuh rasa tanggung jawab. Tidak hanya LKS, fasilitas lainnya adalah saya memutarkan video pembelajaran yang didapatkan dari fitur sumber belajar . Video pembelajaran tersebut memberikan materi tentang relasi, siswa menyaksikannya dengan seksama guna dapat menjawab masalah yang ada pada LKS yang sudah diberikan. 

Gambar 2. Guru menjelaskan fitur sumber belajar

Gambar 3. Siswa menyaksikan video pembelajaran 

3. Diskusi Masalah

    Tahap yang ketiga adalah diskusi masalah yang ada pada lembar kerja siswa (LKS) yang telah diberikan oleh guru. Masalah yang ada pada LKS tentunya tidak jauh jauh dari materi yang di ajarkan hari ini. Guru meminta siswa untuk bekerja sama dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan masalah tersebut, sehingga pada saat guru memanggil nomor berapapun siswa mampu untuk menjawabnya.

Gambar 4. Tim Biru menyelesaikan masalah pada LKS

Gambar 5. Tim hijau menyelesaikan masalah pada LKS

Gambar 6. Tim Hijau menyelesaikan masalah pada LKS

4. Memanggil Nomor Anggota atau Pemberian Jawaban 
    
    Tahap ke empat ini adalah tahap dimana siswa bertanggung jawab atas tugas yang sudah dibebankan padanya. Guru memanggil nomor secara acak untuk menjawab soal yang ditunjuk oleh guru. Dalam hal ini dianggap menarik karena siswa tidak tahu nomor berapa yang di panggil sehingga mau tidak mau mereka harus benar-benar mempersiapkan jawabannya dengan benar untuk mendapat nilai.  

Gambar 7. Hasil LKS yang telah di jawab siswa

Gambar 8. Pemanggilan nomor secara acak

5. Menarik Kesimpulan

    Tahap terakhir dari model pembelajaran NHT adalah penarikan kesimpulan yang dilakukan bersama-sama antara guru dan siswa. Tujuannya adalah untuk mendapatkan intisari dari materi yang dipelajari hari ini, serta bagaimana manfaat yang diperoleh dari pembelajaran dengan portal rumah belajar. Guru tak lupa untuk memberikan soal kepada siswa untuk dikerjakan di rumah dengan menggunakan fitur bank soal.     
Gambar 9. Guru bersama siswa meyimpulkan pembelajaran

Demikian inovasi pembelajaran yang saya lakukan dengan menggunakan portal rumah belajar dengan model pembelajaran NHT. Semoga tulisan ini menjadi inspirasi bagi siapapun yang membacanya. Teruslah untuk melakukan perubahan dan jangan menyerah untuk berbagi, karena dengan berbagi akan menambah amal jariyah bagi kita, terutama dalam dunia pendidikan dalam mewujudkan merdeka belajar

Berikut video kegiatan pembelajaran yang berlangsung di kelas 



Merdeka belajarnya, Rumah belajar portalnya, Maju Indonesia

Rumah Belajar, 
Belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja



Categories:

12 komentar: